MENCIPTAKAN WEBINAR YANG SANTUN
PRILAKU SALING MENGHARGAI

By Dra.Hj.Yenni Putri, MM 29 Agu 2022, 21:34:30 WIB Sekitar Kita
MENCIPTAKAN WEBINAR YANG SANTUN

MENCIPTAKAN WEBINAR YANG SANTUN

Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi maka diskusi untuk memecahkan suatu masalah dapat dilakukan melalui webinar.

Webinar Merupakan seminar yang dilakukan secara online. Umumnya webinar online dihadiri oleh orang-orang yang tidak berada dalam satu tempat yang sama, namun saling terhubung melalui aplikasi dengan bantuan internet. Webinar dilaksanakan untuk menyampaikan suatu pesan bagi yang menjadi pembicara/narasumber dan menerima pesan bagi yang mendengarkan/mengamati webinar tersebut. Dalam kegiatan webinar ada kegiatan diskusi, karena diskusi merupakan pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah.

Dalam kegiatan webinar tentu perlu kita bersikap dan berperilaku, supaya webinar dapat bermanfaat dan dapat meningkatkan tali silaturahmi. Semua peserta webinar mulai pembicara maupun peserta harus paham bersikap dan berprilaku supaya webinar lebih terasa hangat dan menyenangkan. Setelah webinar selesai semua peserta puas dan senang. Menurut kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Prilaku adalah tanggapan atau reaksi individu terhadap rangsangan atau lingkungan. Perilaku seseorang sangat mempengaruhi situasi yang ada saat kegiatan terutama dalam berdiskusi.

Dalam kegiatan webinar perlu sikap dan perilaku saling menghargai, supaya peserta webinar menjadi bersemangat dan termotivasi,walaupun webinar dilaksanakan saling berjauhan, kita hanya tatap muka didunia maya saja. Cara bertanya, memberikan saran, dan menjawab perlu kita sadari karena Dalam webinar dihadiri oleh berbagai macam sikap dan perilaku orang.

Menjaga situasi supaya peserta webinar tetap asyik, maka kita perlu menciptakan webinar yang santun. Webinar santun dapat tercipta dengan kemampuan sosial emosional.

Kemampuan sosial emosional (KSE) perlu kita pahami dalam kegiatan webinar, masih ada kita yang belum memahami KSE ini. Keterampilan sosial emosional Merupakan merupakan pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif pada seluruh komunitas. Melalui proses kolaborasi memungkinkan peserta webinar memperoleh dan menerapkan pengetahuan , keterampilan dan sikap positif mengenai aspek social dan emosional. Keseimbangan antara kompetensi akademik dan sosial emosional yang dapat mengantarkan kita menjadi individu-individu yang selamat dan bahagia.

Ada 5 kemampuan social emosional :

  1. Kesadaran diri

Kesadaran diri Merupakan kemampuan seseorang dalam memahami perasaan, pikiran, serta evaluasi diri. Kemampuan mengenali diri, Memahami emosi sendiri, tahu Prinsip hidupnya sendiri (kejujuran, integritas)/berprinsip, Memahami tubuh sendiri, mengenai kebiasaan baik dan buruk.

  1. Manajemen Diri

Manajemen diri Merupakan Kemampuan untuk mengatur emosi, pikiran, dan perilaku seseorang dalam situasi yang berbeda secara efektif dalam mengelola stres, mengendalikan impuls, dan memotivasi diri sendiri. Kemampuan manajemen diri terdiri dari pandai mengelola emosi, Kelola pikiran, Kelola prilaku, tidak cepat marah, tidak cemasan, termotivasi, tidak mudah menyerah, bisa tahan stress, optimis.

  1. Kesadaran sosial

Kesadaran sosial Merupakan kesadaran akan masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat dan komunitas yang berbeda setiap hari untuk menyadari kesulitan masyarakat. Kemampuan kesadaran sosial adalah empati, paham perasaan orang lain, toleransi, peka, dan pengertian.

  1. Keteramplan berelasi

Keterampilan berelasi merupakan keterampilan untuk membangun dan mempertahankan hubungan-hubungan yang sehat dan suportif. Kemampuan yang harus kita miliki adalah pandai bergaul, open minded dengan perbedaan, percaya diri, supel, halus, sopan, ramah.

  1. Pengambilan keputusan

Pengambilan keputusan Merupakan suatu perilaku yang menghasilkan atau keluaran/output dari proses sikap atau pengetahuan yang membawa pada pemilihan suatu jalur tindakan di antara beberapa alternatif yang tersedia. Setiap proses pengambilan keputusan selalu menghasilkan satu pilihan final. Keputusan dibuat untuk mencapai tujuan melalui pelaksanaan atau tindakan serta capaian. Dalam proses pengambilan keputusan bisa jadi berupa rasional atau irasional. Proses pengambilan keputusan adalah proses penalaran berdasarkan asumsi nilai bernalar kritis. Kemampuan yang kita miliki Dalam pengambilan keputusan adalah adil, penuh perimbangan, peduli dengan sesama, tidak egois, bertanggungjawab, dan tenggang rasa.

Saling menghargai dalam webinar sangat penting sekali karena saling menghargai akan membawa dampak baik bagi diri seseorang dan dapat memotivasi meningkatkan percaya diri yang akan menunjang mningkatkatnya karier demi masa depan yang Bahagia.

Semoga kita dapat menjadi pribadi yang mempunyai kemampuan sosial emosional (KSE).

 

 

 

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment