CINTA DI DESEMBER
TOT FASILITATOR DAERAH LITERASI

By Dra.Hj.Yenni Putri, MM 31 Des 2022, 12:31:52 WIB Pendidikan
CINTA DI DESEMBER

CINTA DI DESEMBER

Desember Merupakan bulan yang bermakna bagi saya, karena saya dapat CINTA, cinta Menurut KBBI adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apa pun yang diinginkan objek tersebut. Iya benar saya mendapatkan pengorbanan diri, apa itu? ya saya ikut kegiatan TOT fasilitator daerah dengan ikhlas, saya dapat informasi dari bundo Yasmi dan Mami Anitra, saya langsung mendaftar untuk Mengikuti pendaftaran Fasilatator Daerah Menulis bagi Ikatan Pendidik Penulis bersama Media Guru Indonesia tingkat Sumatera Barat, Jambi, Riau, Medan dan Jawa di Hotel Pusako Bukittinggi. Disela kegiatan ada empati, kasih sayang, perhatian , saling membantu sesama peserta. Terasa keakraban sesama peserta, kalau ada yang berfoto semua ingin berfoto untuk ikut, banyak ide-ide yang muncul ada yang mau menampilkan icebreaking, semua peserta Mengikuti ice breaking tersebut. Uniknya kegiatan ini, peserta ada yang membawa makanan /cemilan dari ciri khas daerah masing-masing daerah.

Materi yang disajikan sangat menarik sekali dengan nara sumber yang luar biasa yaitu Bapak Muhammad Ihsan CEO Media Guru dan Bapak Eko Pimpinan Media Guru. Materi dari Bapak CEO memotivasi kita semua untuk sebagai penggiat literasi dan sebagai fasilitator, dengan metode VIP, kata pak CEO VIP Merupakan kependekan dari Vision, Innitiative, Persistent, sedangkan materi pak eko bagaimana menjadi fasilitator / public speaking yang menarik dan yang disenangi oleh semua orang.

Pembelajaran juga ada praktik sebagai publik sepeaking, Tips Lancar Public Speaking yang diberikan oleh pak eko adalah Jangan Langsung Berbicara Saat Baru Tampil ke Depan, Namamu disebut dan kamu mulai melangkahkan kaki ke hadapan para audience, Jaga Kontak Mata dengan Audience, Bicara sesuaikan intonasinya, perlakukan audience scara adil, jangan terlihat ngos-ngosan, kuasai materi, bicara secara perlahan, dan lainnya. Setelah mendapat materi saya refleksi diri, memang masih banyak kekurangan dan bersyukur dengan Mengikuti TOT Fasda Literasi ini banyak bertambah ilmu dan dapat diparktikkan.

Acara TOT Fasilitator Daerah ditutup dengan healing-healing bagi teman-teman yang dari luar Sumatera Barat ke Puncak Lawang dan Istana Pagaruyung Batusangkar. Saya juga senang di hari terakhir acara  hari rabunya saya dikunjungi oleh calon guru penggerak angkatan 7 karena saya sebagai fasilitator juga di program guru penggerak, senang ada silaturahmi biasanya bertemu didunia maya hari itu bertemu secara tatap muka dihotel pusako bukittinggi dan saya juga diajak healing-healing.

Saya sangat senang dan bahagia karena ada cinta di bulan Desember , di Bulan desember tahun 2022 ilmu bertambah dan teman juga bertambah. Semoga ilmunya dapat bermanfaat dan menginspirasi semua orang.

Salam sukses dan Bahagia untuk kita semua.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment