PERSIAPAN SEKOLAH YANG AKAN MELAKSANAKAN IKM 2 DAN IKM 3
Persiapan Sekolah Mandiri Berubah dan Mandiri Berbagi

By Dra.Hj.Yenni Putri, MM 07 Jul 2022, 20:37:27 WIB Pendidikan
PERSIAPAN SEKOLAH YANG AKAN MELAKSANAKAN  IKM 2 DAN IKM 3

Gambar : LOKASI SMAS ADABIAH 2 PADANG


PERSIAPAN SEKOLAH YANG AKAN MELAKSANAKAN IKM 2 DAN IKM 3

Sekolah memasuki tahun ajaran baru 2022/2023, Dalam pelaksanaan Pembelajaran dan kegitan yang dilakukan oleh Sekolah sudah tersusun dalam kurikulum Sekolah. Tujuan kurikulum adalah acuan dan pedoman bagi Sekolah (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) dalam rangka penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran yang bermutu, terukur, berkesinambungan, dan dapat dipertanggungjawabkan Tahun Pelajaran 2022/2023 dan untuk menjadi acuan dan pedoman bagi Stakeholders (pemangku kepentingan) dalam rangka ikut serta memberikan partisipasi maupun pengendalian/control untuk terwujudnya satuan pendidikan yang sehat, bermutu, dan memenuhi harapan masyarakat.

Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran, khususnya Implementasi Kurikulum Merdeka yang akan berlaku pada tahun ajaran 2022/2023.

Kurikulum tingkat satuan pendidikan yang diberlakukan ada 3 yaitu kurikulum 2013, kurikulum darurat, dan kurikulum merdeka. Sekolah diberikan kebebasan untuk memilih kurikulum yang dipakai sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah dan faktor pendukung di sekolah sehingga pembelajaran berpihak pada muridyang berpihak pada murid.

Untuk Kurikulum Merdeka ada 3 pilihan kurikulumnya, yaitu :

  1. Mandiri Belajar, merupakan Pilihan Mandiri Belajar memberikan kebebasan kepada satuan pendidikan saat menerapkan Kurikulum Merdeka beberapa bagian dan prinsip Kurikulum Merdeka, tanpa mengganti kurikulum satuan pendidikan yang sedang diterapkan pada satuan pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10.
  2. Mandiri Berubah memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan saat menerapkan Kurikulum Merdeka dengan menggunakan perangkat ajar yang sudah disediakan pada satuan pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10.
  3. Pilihan Mandiri Berbagi akan memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan dalam menerapkan Kurikulum Merdeka dengan mengembangkan sendiri berbagai perangkat ajar pada satuan pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10.

Untuk pilihan IKM 2 dan IKM 3 Sekolah harus memprsiapkan diri :

  1. memiliki kepala sekolah yang mengerti proses pembelajaran siswa dan mampu mengembangkan guru.
  2. memiliki guru yang mengerti bahwa setiap anak berbeda dan memiliki cara pengajaran yang berbeda.
  3. dapat menghasilkan Profil Pelajar Pancasila sebagai upaya untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, kreatif, bergotong royong, dan berkebinekaan global. Keempat, mendapat dukungan komunitas untuk proses pendidikan di dalam kelas, mulai dari orang tua, tokoh masyarakat hingga pemerintah setempat.

Langkah-langkah Sekolah menerapkan IKM 2 dan IKM 3 adalah :

  1. Pembentukan PMO ( Program Manajemen Office)
  2. Menyusun komite Pembelajaran
  3. Mengadakan pelatihan komite pembelajaran dan semua guru.
  4. Pendampingan oleh Pelatih Ahli/ Pengawas
  5. Evaluasi kegiatan
  6. Refleksi

Kegiatan Sekolah memilih IKM 2 dan IKM 3 adalah sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dengan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang mencakup kompetensi dan karakter yang diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

Kepala Sekolah dan Guru diharapkan sebagai motivator dalam menumbuhkan kompetensi dan karakter yang dapat dikembangkan. Kolaborasi merupakan kunci utama, karena kolaborasi dapat menumbuhkan ekosistem sekolah yang sehat dalam hal pengetahuan, inovasi dapat ditumbuhkan bersama. Kolaborasi seluruh elemen warga sekolah sangat diperlukan, mulai dari kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua.

Hasil yang diharapkan Sekolah memilih IKM 2 dan IKM 3 adalah :

  1. Hasil belajar siswa di atas level yang diharapkan.
  2. Lingkungan belajar aman, nyaman, inklusif dan menyenangkan.
  3. Pembelajaran berpusat pada murid, bukan berpusat pada regulasi.
  4. Refleksi guru dan perbaikan pembelajaran diharapkan terjadi dan sekolah melakukan pengimbasan

Data dari   ateri kurikulum merdeka kemdikbud dan  wawancara dengan pengawas sekolah penggerak




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment