GERBU KWU Di MKKS SMA Negeri Kota Padang Melalui Pendampingan LUWES
BEST PRACTISE

By Dra.Hj.Yenni Putri, MM 26 Jan 2022, 11:29:33 WIB Pendidikan
GERBU KWU Di MKKS SMA Negeri Kota Padang Melalui Pendampingan LUWES

GERBU KWU Di MKKS SMA Negeri Kota Padang Melalui Pendampingan LUWES

(Gerakan Budaya Kewirausahaan di MKKS SMAN Kota Padang Melalui Pendampingan Luring dan Website)

 

DIAGNOSIS TERHADAP PEMBELAJARAN SEBELUM PTMT

Sesuai Permendikbud No. 6 Tahun 2018 bahwa Tupoksi Kepala Sekolah adalah Manajerial, Kewirausahaan, dan Supervisi. Salah satu tupoksi kepala sekolah adalah bidang kewirausahaan, Kepala sekolah perlu menumbuhkan nilai-nilai karakter kewirausahaan untuk menghadapi tantangan milenial dizaman sekarang ini, yang mana dengan itu kreatif dan inovatif.

Sesuai dengan polling jejak pendapat di website yenniputri.net, ada Terdapat Kepala sekolah tidak mengisi polling ekstrakurikuler dan Pengembangan diri, ini disebabkan adanya learning loss saat pandemic covid 2019, untuk itu saya mengambil judul best practice ini, dengan judul “GERBU KWU (Gerakan Budaya Kewirausahaan) Di MKKS SMA Negeri Kota Padang Melalui Pendampingan LUWES (Luring dan Website)”.

Kita akan menjelaskan satu persatu dari beberapa tahap tadi.

Kegiatan pertama adalah :

PERENCANAAN PEMBIMBINGAN UNTUK MENGATASI

LEARNING LOSS

Sebelum melaksanakan kegiatan maka di susun perencanaan (Planning) sebagai berikut :

  1. Mempersiapkan Rencana Pendampingan Manajerial (RPM)
  2. Mempersiapkan polling jejak pendapat di website dengan link dibawh ini :

https://www.yenniputri.net/administrator/jejakpendapat.

  1. Mempersiapkan Materi Program Kewirausahaan Kepala Sekolah dan di sebarkan kepada Kepala sekolah melalui website pengawas sekolah prakarya kewirausahaan (PKWU) dengan link

https://www.yenniputri.net/berita/detail/konsep-kewirausahaan

  1. Mempersiapkan powert poin untuk mempresentasikan didepan MKKS SMA Kota Padang dan umumnya Kepala Sumatera Barat, dan dapat melihat di website dengan link https://www.yenniputri.net/download.
  2. Membuat surat permohonan izin ke Koordinator Pengawas (Korwas) dan Ketua Musyawarah Kerja Pengawas (MKPS) SMA Kota Padang.
  3. Mempersiapkan Whatshapp untuk koordinasi dengan pengurus MKKS SMA Kota Padang.
  4. Meminta izin ke Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera barat, yaitu kabid GTK.
  5. Mempersiapkan surat tugas untuk pelaksanaan kegiatan pembimbingan MKKS SMA Kota Padang.
  6. Membuat google form angket kewirausahaan untuk melihat keterlaksanaan program kewirausahaan disekolah yang dilaksanakana setelah pembimbingan.
  7. Mempersiapkan instrument untuk memantau pemahaman Kepala sekolah terhadap materi kewirausahaan.

Kegiatan yang kedua dalam pembimbingan yaitu : PELAKSANAAN

Langakah-langkah yang dilakuka dalam Pelaksanaan :

  1. Menyebarkan polling jejak pendapat tentang konsep kewirausahaan disekolah ke Kepala sekolah secara luring melalui whatshapp. Kegiatan dilaksanakan tanggal 1 Juli 2021
  2. Menganalisis polling jejak pendapat dari website pengawas sekolah dengan link : yenni putri.net Kegiatan dilaksanakan tanggal 7 juli 2021. Dari hasil analisis polling jejak pendapat dari web hanya mengisi 9 orang Kepala sekolah, hasil polling jejak pendapat di website adalah berdasarkan hasil isian sebanyak 44,4 % Kepala sekolah mengisi kegiatan kewirausahaan disekolah pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU). 22,2 % terintegrasi dalam semua mata pelajaran, 11,1 % terintegrasi pada kultur sekolah, 22,2 % ada mata pelajaran mulok tersendiri, maka penulis Membuat kegiatan ini karena masih ada Kepala masih ada belum Memahami karena kegiatan ekstrakurikuler dan Pengembangan diri belum ada diisi oleh Kepala sekolah.
  3. Menguploud materi kewirausahaan/entrepreneurship ke website padang tanggal 12 agustus 2021, tujuan materi ini diuploud supaya bapak ibu Kepala sekolah bisa membacanya, memahaminya sambil duduk berdiskusi bisa mengubah konsep tersebut di HP masing-masing.
  4. Memberikan surat permohonan dan koordinasi kepada Ketua MKPS SMA Kota Padang.
  5. Melaksanakan saran ketua MKPS, bahwa pelaksanaan pembimbingan atas nama komunitas MKPS, dengan surat tugas yang dibuat oleh pengurus MKPS.
  6. Berkoordinasi dengan pengurus MKKS SMA Negeri Kota Padang untuk meminta jadwal yang tepat untuk pelaksanaan pembimbingan melalui WhatsApp.
  7. Memberikan surat tugas kepada pengurus MKKS untuk meminta jadwal kapan pelaksanaan pembimbingan .
  8. Pelaksanaan kegiatan pembimbingan pada hari kamis, tanggal 23 September 2021, tempat di SMA Negeri 12 Padang.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Sekolah sebanyak 14 orang, dan 3 orang izin ada kegiatan lain yang tidak bisa ditinggalkan. Kegiatan dibuka oleh Ketua MKPS SMA Kota Padang yaitu Bapak prima Yunaldi, MM. dan dilanjutkan dengan penyajian materi dengan power point. Kegiatan juga dihadiri oleh Pengawas Pembina SMA Negeri 12 Padang, dan 2 orang pengawas Mata Pelajaran yaitu Jusmiwarti dan Masril, kegiatan ini setelah penyajian materi diadakan tanya jawab.

  1. Melaksanakan Pendampingan Kepala sekolah dalam pelaksanaan program kewirausahaan di sekolah-sekolah.
  2. Melaksanakan monitoring untuk keterlaksanaan program kewirausahaan Kepala Sekolah ke sekolah. Kepala Mengisi Instrumen pemantauan keterlaksanaan program PKWU yang dibuat oleh Pengawas.

Kegiatan yang ketiga adalah EVALUASI IMPLEMENTASI KEGIATAN PEMBIMBINGAN Pendampingan Kepala Sekolah di MKKS SMA Negeri Kota Padang

  1. Dari google form yang sudah disebarkan , maka di analisis dengan hasil sebagai berikut yang dilaksanakan tanggal 9 juli 2021, pertama 7 orang menjawab ( 35%) terintegrasi dalam mata pelajaran, 7 orang menjawab ( 35%) pada Pengembangan diri, 8 orang ( 40% ) menjawab pada kegiatan ekstrakurikuler, 11 orang ( 55% ) menjawab pada kultur sekolah, 1 orang ( 5% ) menjawab mulok berdiri sendiri, 6 orang ( 30% ) menjawab melalui praktek dikantin, 15 orang ( 75 % ) menjawab pada mata pelajaran PKWU, 5 orang (25%) pada pameran/bazar, 6 orang (30%) ada pada bahan ajar/modul.
  2. Hasil analisisnya, kita analisis yaitu hasil penamtauan ini instrumen, telah didampingi Kepala sekolah, maka semua Kepala sekolah SMA Negeri Kota sudah Membuat program kewirausahaan, dapat dilihat di website yenniputri.net. Dengan hasil pada tahap pelaporan belum maksimal hasilnya karena masih nilai 50.

Kegiatan yang ke empat TINDAK LANJUT

  1. Pengawas mendampingi Kepala sekolah dalam melaksanakan kegiatan kewirausahaan/entrepreneurship disekolah, dengan hasil Kepala sekolah sudah Melaksanakan Membuat program kewirausahaan. Program Kewirausahaan Kepala Sekolah di uploud di website https://www.yenniputri.net/download

Tujuan di uploud supaya dapat memotivasi Kepala sekolah yang lain dalam Membuat program kewirausahaan dan terdokumnteasinya program kewirausahaan Kepala Sekolah SMA Negeri Kota Padang.

  1. Program kewirausahaan Kepala sekolah di tindaklanjuti oleh sekolah – sekolah , dengan hasil sudah ada ekstrakurikuler, sudah meningkat budaya sekolah dan nilai-nilai karakter kewirausahaan pada warga sekolah terutama peserta didik.

 

 

 

 

 

 

 




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 23 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment